Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Drama Korea Start-Up Pada Kalangan Artis

Plot Ending Drama Start-U
Seo Dal-Mi dan Nam Do-San

Fenomena Drama Korea Start-Up

Sudah hampir sebulan ini drama Start-Up tayang menemani para pecinta drama korea, terkhusus di Indonesia. Dua kata yang patut kita berikan untuk drama yang satu ini, "Booming banget!", iya karena Start-Up berhasil trending disetiap episode-nya melalui media sosial twitter.

Jika kita melihat sisi lain, fenomena booming-nya drama Start-Up ini diikuti oleh teori, konspirasi, perbandingan bahkan sampai dibahas oleh banyak pebisnis beneran dan penggiat perusahaan startup di Indonesia. Katakanlah, Co-Founder Ruangguru, sosok Iman Usman selain mengikuti, ia bahkan sampai rela jauh mengupas tentang jalan ceritanya.

Melihat tweet yang ia tuliskan, sepertinya mas Iman mendukung #TimJipyeong untuk lanjut berlayar.

Disisi lain, ternyata banyak juga artis dan influencer terkenal yang ikut membahas kehadiran drama Start-Up ini loh, salah satunya adalah Youtuber terkenal Arief Muhammad. Ia bahkan sampai membuat postingan di timeline-nya soal Start-Up ini, kurang booming apa coba ya gais?

Arief Muhammad ternyata berada di Timnya pak Han Ji Pyeong, wah banyak juga ya pendukungnya tim Ji Pyeong!

Bahkan, diwaktu yang sama, istri Arief Muhammad, Tiara Pangestika atau yang kerap disapa Tipang, juga memposting hal yang sama. Namun berbeda dengan Arief, Tipang justru memiliih untuk mendukung tim Nam Do San. Alasannya? "Jika seseorang menyukai seseorang maka ia harus terus maju dan mengungkapkan, jangan dipendam sendiri" kurang lebih begitulah yang ia tuliskan melalui caption postingan instagramnya.

Melihat hal ini, tentu kita akan membuat teori dan konspirasi sendiri mengenai siapa yang akan berlayar di plot ending cerita, ada kemungkinan-kemungkinan yang masih akan terjadi. Karena memang drama baru berjalan belum sampai 3/4 dari total episode.

Tapi jika disuguhkan analisis dari episode yang sudah tayang, fakta bahwa Dosan lah yang akan memenangi persaingan cinta tersebut menjadi semakin jelas. Porsi loveline yang disajikan sebagian besar mengarah ke Dosan.

Mau tidak mau, Tim Ji Pyeong harus melapangkan dada. Jika analisis mimin benar, Dalmi dan Dosan adalah first couple lead (main couple) seperti yang sudah diperkirakan.

Ending Drama Start-Up

Setelah melihat episode terakhir dari start-up yaitu episode 16, menurut mimin endingnya cukup memuaskan, iya cukup memuaskan bagi tim dosan dan mengenaskan untuk tim jipyeong. Sampai pada akhir cerita, Han Ji Pyeong alias pak Han dibuat sebagai second lead yang bernasib menyedihkan sebagai seorang laki-laki. Ia berkali-kali ingin melupakan Dalmi, namun PDnim berkata lain, Han Ji Pyeong diharuskan menjadi mentor perusahaan Cheong Myeong (nama baru perusahaan SamsanTech) karena tugas dari Direktur Yoon.

Itulah sinopsis singkat dari ending start-up episode 16, karena berhasil menang tender, akhirnya janji yang dibuat oleh masing-masing pihak harus dilakukan. Termasuk Dosan, yang berjanji untuk melamar Dalmi jika lolos untuk projek tender mobil dengan teknologi kemudi otomatis.