Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menfess, Media Komunikasi Anak Twitter yang Interaktif

Sudah lebih dari empat belas tahun semenjak berdirinya media sosial Twitter, banyak sekali inovasi yang diciptakan oleh pengembang agar menarik pengguna. Salah satu cara tersebut adalah pemakaian bot menggunakan API yang sudah mereka sediakan, sehingga sampai saat ini Twitter masih menjadi salah satu media sosial paling favorit. Dari bot tersebut, munculah ide menarik dari para pengguna, disinilah awal mula terciptanya Menfess.

Pengertian

Apa itu menfess? Menfess adalah sebuah akun yang memiliki bot sistem yang dapat mengubah pesan direct message (DM) yang diterima dan mengirimnya menjadi sebuah tweet dari akun tersebut. Banyak sumber menyebutkan bahwa kepanjangan menfess adalah Mention Confess. Jadi, pada dasarnya menfess diciptakan sebagai 'forumnya' Twitter. Karena, kiriman dari sender (pengirim) diubah menjadi tweet dan selanjutnya didiskusikan bersama para pengikut akun bot itu sendiri.

Menfess sendiri umumnya berisi pertanyaan, rekomendasi, berbagi foto/video lucu, dan informasi lainnya. Lalu ada istilah base dalam menfess, itu artinya apa min? Menurut sepengetahuan mimin, menfess dan base adalah satu hal yang saling berkaitan. Base adalah tempat untuk menfess atau bisa dikatakan sebagai akun bot yang digunakan sebagai tempat mengirim menfess. Sedangkan menfess itu bermakna sebagai kiriman pesan dari pengguna yang ingin dijadikan tweet. Sampai disini sudah tau perbedaan istilah menfess dan base kan?

Sejarah Menfess

Konon, sistem menfess/base ini terkenal dimasa permainan roleplayer. Banyak penggemar kpop atau sesuatu yang berbagu korea, menjadikannya sebagai forum tempat berdiskusi dengan penggemar kpop lainnya. Namun, sekarang tentu sudah berbeda. Menfess tampaknya juga banyak diadopsi oleh akun-akun non kpop, artinya, menfess disaat sekarang ini menjadi sangat fenomenal dan digunakan sebagai tempat mencari hiburan yang menarik dikala bosan.

Cara Kerja

Menfess memiliki cara kerja yang sederhana namun unik. Pertama-tama, sebuah akun digunakan sebagai bot yang memiliki sistem menfess. Kemudian, ada pengikut yang mengirimkan pesan direct message ke akun bot twitter tersebut mengunakan trigger word tertentu agar dapat difilter mana yang ingin dikirimkan menfess dan mana yang bukan.

Teman-teman bisa melihat alur kerja akun menfess dari bagan berikut:

Alur kerja menfess di Twitter

Kurang lebih seperti itulah cara kerja dari akun menfess di Twitter.

Cara Membuat Bot Menfess

Ada banyak cara untuk membuat akun bot menfess, ada yang mudah tentu ada pula yang susah. Cara yang mudah? Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan akun base, banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan menfess ini. Kamu bisa saja menemukannya melalui twitter.

Kita ketahui sebelumnya, autobase atau bot menfess ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan layanan gratis dari IFTTT, namun seiring berjalannya waktu banyak penyalahgunaan fitur yang diberikan tersebut, maka dengan sangat disayangkan pihak IFTTT menutup fitur tersebut.

Cara yang susah? ada, jika kamu sedikit mengerti tentang bahasa pemrograman atau programming, maka mimin sarankan untuk membuatnya sendiri. Bisa memakai bahasa apa saja sesuka hati kalian, mau PHP, JavaScript, Python dan lain sebagainya.

Di github juga nggak sedikit kode sumber terbuka (open source code) untuk membuat akun menfess ini. Salah satu yang punya fitur paling kece adalah Autobase Twitter yang diciptakan oleh mas Fakhri Catur Rofi menggunakan bahasa python. Sudah ada cara pemasangannya juga loh, mangga dicek.

Posting Komentar untuk "Menfess, Media Komunikasi Anak Twitter yang Interaktif"

Berlangganan Email