Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Drama Korea tentang Komedi Romantis Sekolah Terbaik

Drakor tentang Sekolah

Beberapa hari ini mimin sedang senang dengan drama korea tentang anak sekolah. Bukannya apa, drama korea tentang sekolah jadi sangat menarik ketika membahas banyak hal, seperti persahabatan, percintaan, motivasi, perjuangan meraih impian, dan lain sebagainya. 

Drakor dengan genre ini paling banyak disukai oleh kalangan remaja hingga orang tua, bahkan yang sudah menikah juga terkadang sesekali melihat drakor tentang sekolahan. Karena, sekolah adalah tempat dimana kita menyimpan sejuta cerita dan kenangan yang tidak akan bisa terulang lagi.

Dalam genre sekolah, kisah yang dibawanya biasanya belum menjurus ke sesuatu yang serius. Permasalahan dan konflik yang terjadi bahkan kebanyak mungkin sudah bisa ditebak plot ceritanya, tapi bukan berarti jika hal seperti itu membuat drakor bergenre sekolah menjadi sesuatu yang membosankan.

Justru, disitulah kelebihannya, drama korea yang bercerita dengan latar sekolah bisa membuat kita bernostalgia dengan masa muda yang penuh dengan semangat, kadang mood kita dibuat semangat, kadang sedih sampai akhirnya berakhir bahagia.

Baiklah, tak usah berlama-lama, jika kalian ingin mencari rekomendasi drama korea yang bagus dan memiliki latar belakang tentang sekolah, maka kalian sudah datang ke tempat yang tepat. Berikut ini kami akan sajikan bebeapa rekomendasi drama korea tentang sekolah yang sudah pernah mimin tonton, yang pasti bagus dan menarik banget ceritanya. Check this out! 

Ada 50 rekomendasi yang dapat mimin berikan, kalian bisa pilih mana yang ingin lebih dulu untuk kalian tonton, selamat menonton!

Dream High

Dream High
Dream High

Dream High menceritakan kisah enam siswa Kirin Art High School, yang bekerja keras untuk mewujudkan impian mereka dan menjadi bintang musik di industri musik Korea. Go Hye Mi adalah seorang siswa musik klasik, tetapi dia harus masuk ke Kirin Art High School untuk melunasi hutang ayahnya dan melepaskan mimpinya. 

Namun, dia harus mengizinkan dua siswa lain untuk bersekolah agar dia dapat mendaftar secara bersyarat. Kedua siswa tersebut adalah Song Sam dong, yang tinggal di pedesaan, dan Jin Guk, yang secara tidak sengaja dia temui saat mencoba melarikan diri dari rentenir. Mantan pasangan Hyemi Yoon Baek Hee menjadi kompetitornya di sekolah karena Hye Mi mengkhianatinya selama audisi dan masuk sekolah.

Genre: Friendship, Music, Comedy, Romance, School, Drama
Pemeran: Bae Suzy, Kim Soo Hyun, Ok Taec Yeon, Ham Eun Jung, Jang Woo Young, IU

18 Again

18 Again (2020)

Jung Da-Jung (Kim Ha-Neul) menikah dengan Hong Dae-Young (Yoon Sang-Hyun) yang berusia 37 tahun. Mereka memiliki putra dan putri berusia 18 tahun. Jung Da-Jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang hangat. Dia benar-benar muak dengan suaminya dan tidak dapat menghadapinya lagi. Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaannya dan dia dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-Jung memberinya surat cerai.

Sementara itu, Hong Dae-Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali hidupnya. Pada saat itu, tubuhnya berubah menjadi manusia berusia 18 tahun, sedangkan pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae-Young (Lee Do-Hyun) adalah pemain bola basket yang sangat baik dan juga populer. Sekarang, dengan tubuhnya yang berusia 18 tahun kembali, dia mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani hidup baru.

Drama ini adalah drama terbaru yang rilis september 2020. Cerita didalamnya mengisahkan banyak hal, termasuk tentang kehidupan sekolah hingga menikah. Ini drama terbaik yang pernah mimin liat, rekomended sekali untuk ditonton. Baca juga sinopsis 18 again biar tau jalan ceritanya nanti bakal gimana. 

Genre: Comedy, Romance, Youth, Drama, Fantasy
Pemeran: Kim Ha Neul, Yoon Sang Hyun, Lee Do Hyun

Sky Castle

Sky Castle (2018)

SKY Castle menceritakan kehidupan 4 wanita yang tinggal di lingkungan SKY Castle yang mewah. Mereka mencoba membuat suami mereka lebih sukses dan membesarkan anak-anak mereka seperti pangeran dan putri.

Drama yang rilis pada tahun 2018 ini sangat bagus, lantaran kisah ceritanya yang menyentuh banyak persoalan kehidupan nyata meski terkesan klise namun keseluruhan plot dieksekusi dengan sangat baik oleh para aktor dan aktris. Drama ini menyentuh masalah-masalah sensitif yang nyata dan lazim di sebagian besar masyarakat yang banyak orang menutup mata / tidak menyadarinya. Implikasi kesehatan mental dan alur cerita benar-benar merupakan contoh kehidupan nyata yang terjadi di seluruh dunia. Drama yang bagus secara keseluruhan!

Genre: Mystery, Psychological, School, Drama, Family
Pemeran: Yeom Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra, Kim Seo Hyung

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Kim Bok-Joo (Lee Sung-Kyung) adalah atlet angkat besi perguruan tinggi yang memiliki masa depan menjanjikan. Ayahnya menjalankan restoran ayam kecil dan pamannya ingin menjadi aktor. Dia memiliki kepribadian yang cerah dan rasa keadilan yang kuat. 

Drama ini sangat menyegarkan dan menghibur. Tidak pernah ada hubungan antara dua orang teman yang menjadi kekasih secara alami (berjalan begitu saja). Tidak pernah ada kisah persahabatan, keluarga dan cinta digambarkan sebaik di sini. Drama yang satu ini begitu membuat ketagihan dan bagus banget pokoknya, mimin tidak bisa berkata-kata.

Genre: Friendship, Comedy, Romance, School, Youth, Sports
Pemeran: Lee Sung Kyung, Nam Joo Hyuk, Lee Jae Yoon, Kyung Soo Jin

Extracurricular

Extracurricular (2020)

Extracurricular berpusat pada tiga siswa sekolah menengah yang mulai melakukan kejahatan untuk mendapatkan uang dan bahaya tak terduga yang mereka hadapi sebagai akibatnya.

Ide di balik cerita dan isu-isu yang disajikan sangat menarik, tetapi pada titik tertentu mimin merasa seolah-olah terlalu banyak yang terjadi dalam waktu yang terlalu cepat dengan terlalu banyak tindakan berlebihan. Namun overall drama ini sangat keren dan banyak pesan moral yang bisa diambil.

Genre: Friendship, Psychological, Crime, Life, School, Youth, Drama, Mature
Pemeran: Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Jung Da Bin, Nam Yoon Su

Reply 1997

Reply 1997 (2012)

Berlatar tahun 1990-an, drama ini berfokus pada cerita seorang siswi SMA bernama Shi Won, yang mengidolakan boyband H.O.T dan 5 teman SMA-nya di Busan. 

Drama ini memiliki cerita yang bagus & aktingnya sangat tepat. Mimin sangat menikmatinya & drama ini berkesan banget pada akhirnya. Walau ini bukanlah drama terbaik yang pernah mimin tonton, namun pembawaannya yang menurut mimin tetaplah sangat bagus. Drama ini merupakan series School yang wajib ditonton, pokoknya rekomended deh!

Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, School, Youth, Family
Pemeran: Jung Eun Ji, Seo In Guk, Hoya, Shin So Yool,Eun Ji Won, Lee Si Eon

Extraordinary You

Extraordinary You (2019)

Eun Dan-O (Kim Hye-Yoon) adalah seorang siswa di sekolah menengah bergengsi. Keluarganya kaya, tapi Eun Dan-O mengidap penyakit jantung. Tunangannya Baek Kyung (Lee Jae-Wook) bersekolah di sekolah menengah bergengsi yang sama. Dia sangat menyukainya, tapi Baek Kyung tidak menyukainya. Tiba-tiba, Eun Dan-O kehilangan ingatan jangka pendek dan dia bisa melihat apa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Dia bingung dengan keanehan yang terjadi pada dirinya. Drama ini sangat jelas menggambarkan kehidupan tentang sekolah dan cinta.

Mimin suka banget drama ini, pemerannya bening-bening, terutama Eun dan-o dan Haru. Dari segi jalan cerita, mereka berdua lucu dan menggemaskan banget, banyak adegan romantis yang bakal menemani kalian di dalam drama ini. Kalian tonton sendiri aja deh!

Genre: Friendship, Comedy, Romance, School, Fantasy, Melodrama
Pemeran: Kim Hye Yoon, Ro Woon, Lee Jae Wook, Lee Na Eun, Jung Gun Joo, Kim Young Dae

Class of Lies

Class of Lies (2019)

Ki Moo-Hyeok (Yoon Gyun-Sang) adalah seorang pengacara dengan tingkat kemenangan yang tinggi. Dia hanya peduli dengan uang. Karena kasus pembunuhan di sekolah menengah yang dia tangani, reputasinya sebagai pengacara mencapai titik terendah. Untuk mendapatkan kembali nama baiknya sebagai pengacara, dia menyelinap ke sekolah menengah dan mulai bekerja sebagai guru sementara. Ia mencoba mengungkap rahasia yang dimiliki para siswa. 

Ini merupakan salah satu drama terbaik favorit mimin, setiap episodenya penuh dengan liku-liku dan kalian akan terus bertanya-tanya siapa pembunuhnya. Jangan kepo terus, buruan nonton!

Genre: Mystery, Law, School, Youth, Drama
Pemeran: Yoon Kyun Sang, Geum Sae Rok, Jun, Choi Yoo Hwa, Choi Kyu Jin, Han So Eun

Angry Mom

Angry Mom (2015)

Ketika Jo Gang-Ja masuk sekolah menengah, dia terkenal suka berkelahi. Dia melahirkan putrinya A-Ran (Kim Yoo-Jung) di akhir masa remajanya dan menjadi lebih bertanggung jawab. Putrinya A-Ran sekarang menjadi siswa sekolah menengah, tetapi A-Ran diintimidasi di sekolah. Jo Gang-Ja memutuskan untuk kembali ke sekolah menengah untuk melindungi putrinya. Jo Gang-Ja menjadi siswa sekolah menengah lagi.

Kalian yang lagi cari drama dengan cerita yang santai dan menghibur, drama ini rekomended banget. Kalian akan mendapatkan pelajaran hidup pada drama ini, Drama ini berkisah tentang cinta. Cinta untuk keluarga, teman dan lainnya.

Genre: Comedy, School, Drama, Family, Melodrama
Pemeran: Kim Hee Sun, Ji Hyun Woo, Kim Yoo Jung, Ji Soo, Go Soo Hee

A-Teen

A-Teen (2018)

A-Teen adalah serial web Korea Selatan. Produksi anak perusahaan Naver, PlayList Global, musim pertama ditayangkan di Naver TV.

Menurut mimin, drama ini sangat bagus. Mimin sampe sangat terkesan dengan kemampuan akting pemainnya. Banyak cerita dalam drama ini yang memberikan pesan moral yang bagus.

Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, School, Youth
Pemeran: Shin Ye Eun, Lee Na Eun, Kim Soo Hyun, Kim Dong Hee, Shin Seung Ho, Ryu Eui Hyun

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury (2016)

Mayat siswa laki-laki ditemukan di sekolah. Pihak berwenang berasumsi bahwa siswa tersebut bunuh diri karena terjatuh. Siswa lain di sekolah tersebut mengadakan persidangan untuk mengungkap kebenaran di balik kematiannya.

Drama ini sangat mimin suka, dan benar-benar menyentuh bagaimana siswa menemukan cara untuk menjadi dewasa dan mempelajari cara mereka untuk tumbuh di dunia nyata. Itu benar-benar terjadi secara alami, drama ini mengisahkan banyak hal tentang persahabatan dan hidup bersosial.

Genre: Friendship, Law, School, Drama
Pemeran: Kim Hyun Soo, Jang Dong Yoon, Seo Ji Hoon, Seo Young Joo, Jo Jae Hyun

Who Are You: School

Who Are You: School 2015

Drama ini berlatar di sebuah sekolah menengah swasta bergengsi di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Eun-Byeol adalah siswa populer di sekolah menengah swasta. Dia hilang lalu kembali, namun dia telah kehilangan ingatannya. Dia mencoba mencari kebenaran yang masih tersembunyi.

Drama ini rekomended banget buat ditonton, semua jalan ceritanya sangat bagus dan sangat menarik. 

Genre: Friendship, Mystery, Romance, School, Youth, Drama
Pemeran: Kim Hyun Soo, Jang Dong Yoon, Seo Ji Hoon, Seo Young Joo, Jo Jae Hyun

Itulah rekomendasi drama korea tentang sekolah yang bisa kami sajikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian yang sedang mencari rekomendasi drakor terbaik tahun 2020. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Admin Bae
Admin Bae Hi, call me Bae!