Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Drama Korea tentang Kedokteran Terbaik

Jika Anda mencari serial TV Drama Korea di Netflix, Viu atau media streaming lainnya, Anda akan menemukan banyak sekali judul serial TV bertema medis di platform tersebut. Meski sejauh ini sudah banyak drama dengan alur cerita tentang dokter dan dunia medis, namun tidak semua dari drama tersebut memiliki cerita yang cukup bagus, bahkan terkadang membosankan. 

Maka dari itu, kami akan merangkum beberapa rekomendasi drama korea yang menjadi pilihan utama dari banyak penggemar. Drama korea tentang dokter dan medis ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sudah bosan dengan genre komedi romantis.

Drama korea tentang dokter menjadi salah satu drama korea dengan genre yang paling banyak dicari oleh penggemar. Tidak diragukan lagi, karena banyak reka adegan medis yang diadopsi ke dalam drama sehingga membuat adegan di ruang operasi terlihat sangat nyata. Bagi orang dengan pengetahuan di bidang medis, drama korea tersebut menjadi tampak lebih meyakinkan.

Selain dari sisi hiburan, drama tentang dokter dan medis ini bisa menambah pengetahuan untuk kita menjaga hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Berikut ini adalah daftar drama korea tentang dokter yang memiliki cerita terbaik:

Romantic Doctor, Teacher Kim (2016)

Doctor romantic

Pemain: Han Seok Kyu, Yoo Yeon Seok, Seo Hyun JinGenre: Romance, Drama, Medical

Sinopsis Romantic Doctor, Teacher Kim

Atau yang dikenal dengan Dr. Romantic. Han Seok Kyu, yang pernah menjadi ahli bedah top di salah satu pusat medis terbaik di Seoul, sekarang bekerja di Rumah Sakit kecil bernama Doldam. Dia bertemu dengan beberapa dokter muda yang kehidupan dan profesinya berubah karena dia.

Sedikit yang mereka ketahui, rumah sakit kecil tersebut adalah rumah bagi salah satu ahli bedah paling legendaris di negara itu, Boo Yong-Joo, yang sekarang ditemani oleh Teacher Kim.

Setelah menyaksikan season 1, pastikan melanjutkan ceritanya di season kedua (Doctor Romance 2) yang dibintangi oleh Lee Sung Kyung dan Ahn Hyo Suk.

Hospital Playlist (2020)

Hospital Playlist
Hospital Playlist

Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Drama, Medical

Pemain: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do

Sinopsis Hospital Playlist

Jika Anda mencari drama korea yang memiliki cerita lucu dan mengundang banyak tawa, hospital playlist harus berada di urutan teratas untuk Anda tonton. Serial drama korea ini menceritakan tentang lima dokter yang kebetulan berasal dari satu lingkungan sepertemanan. 

Meski plotnya ringan dan sederhana, Anda akan serasa dibawa masuk ke dalam cerita dengan jalan masing-masing karakter yang sangat menarik.

Yong Pal (2015)

Yong Pal
Yong Pal

Genre: Action, Romance, Drama, Medical

Pemain: Joo Won, Kim Tae Hee, Jo Hyun Jae

Sinopsis Yong Pal

Kim Tae Hyeon adalah seorang ahli bedah berbakat yang terus-menerus berhutang karena penyakit saudara perempuannya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia menggunakan nama sandi Yong Pal untuk melakukan operasi ilegal terhadap anggota geng dan orang kaya. Namun, ketika dia terlibat dalam kasus yang melibatkan pewaris chaebol Han Yeo jin, situasinya berubah dengan menarik.

Life (2018)

life
Life

Genre: Suspense, Psychological, Drama, Medical

Pemain: Lee Dong Wook, Jo Seung Woo, Won Jin Ah

Sinopsis Life

Setelah memainkan peran kocak di Goblin dan Touch Your Heart, Lee Dong Wook kembali muncul di serial JTBC dan Netflix bertajuk Life. Perannya adalah menjadi dokter ruang gawat darurat yang mengutamakan keselamatan pasien dan namun ia harus berjalan diatas hubungan bisnis yang rumit dengan presiden rumah sakit yang mana lebih mengutamakan keuntungan. Dalam drama ini, Anda tidak hanya akan melihat cerita hidup dan mati seorang pasien, tetapi juga realitas pengoperasian dan manajemen rumah sakit, seperti masalah pekerjaan dan keputusan manajemen yang rumit.

Good Doctor (2013)

Good Doctor (2013)
Good Doctor (2013)

Genre: Romance, Life, Drama, Medical

Pemain: Joo Won, Moon Chae Won, Joo Sang Wook, Kim Min Seo

Sinopsis Good Doctor

Sebuah drama medis tentang seorang penyandang autisme. Pikiran orang ini berusia 10 tahun. Ia mengatasi prasangka sosial dan diskriminasi, serta menggunakan kemampuan khusus yang dibawa oleh penyakit tersebut untuk menjadi seorang dokter anak.

Park Shi Ohn adalah seorang penyandang autis dan terbelakang mental. Meskipun ia hanya memiliki kemampuan berpikir layaknya anak 10 tahun, ia memiliki ingatan yang bagus mengenai anatomi manusia dan ingatan tentang apa yang ia baca, kemampuan yang luar biasa. Kemampuannya telah membawa jalan hidupnya masuk ke dalam bidang Kedokteran dan menjadi seorang dokter, tetapi karena diskriminasi sosial, dia harus mengalami penolakan dan berbagai masalah. Dia juga dianiaya oleh ayahnya dan ditinggalkan oleh ibunya. Lebih buruk lagi, dia juga harus bersedih dengan kematian saudaranya. Akankah dia mengatasi semua masalah tersebut? Akankah dia diterima?

A Poem a Day (2018)

A Poem a Day
A Poem a Day (2018)

Genre: Comedy, Romance, Life, Drama, Medical

Pemain: Lee Yoo Bi, Lee Joon Hyuk, Jang Dong Yoon, 

Sinopsis A Poem a Day

Ye Jae Wook adalah seorang fisioterapis dan mengajar di bidang yang sama. Dia mulai sebagai pemimpin tim di rumah sakit. Woo Bo Young telah menjadi fisioterapis selama 3 tahun. Dia ingin menjadi seorang penyair, tetapi karena latar belakang keluarganya yang miskin, dia belajar menjadi ahli terapi fisik. Shin Min Ho adalah seorang trainee, tapi dia tidak tertarik dengan bidang terapi fisik. Namun, karena nilainya kurang bagus, membuatnya tidak bisa masuk Kedokteran. Orang tuanya yang seorang dokter menyuruhnya untuk masuk Jurusan Terapi Fisik.

Hospital Ship (2017)

Hospital Ship
Hospital Ship (2017)

Genre: Romance, Drama, Medical

Pemain: Ha Ji Won, Kang Min Hyuk, Lee Seo Won

Sinopsis Hospital Ship

Kisah dokter muda yang memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk pulau terpencil melalui kapal rumah sakit. Tidak seperti kebanyakan drama tentang dokter lainnya, drama ini lebih banyak mengambil tempat di kapal daripada di rumah sakit. 

Para dokter yang berperan, termasuk ahli bedah wanita yang sangat berbakat yang diperankan oleh Ha Ji Won, memberikan layanan medis ke desa-desa di pulau terpencil. Dia mempertahankan penampilan yang dingin dan jarang menunjukkan kelemahan, yang berbeda dari dokter ceria yang diperankan oleh Kang Min Hyuk dari CNBLUE.

Doctors (2016)

Doctors
Doctors (2016)
Genre: Comedy, Romance, Drama, Medical

Pemain: Kim Rae Won, Park Shin Hye, Yoon Kyun Sang, Lee Sung Kyung

Sinopsis Doctors

Aktor Park Shin Hye (Park Shin Hye) dalam drama itu adalah seorang gadis yang tangguh, sembrono, dari anak muda yang bermasalah hingga seorang dokter yang memperhatikannya, Kim Rae Won adalah mentornya yang menawan dan sabar. Secara alami, ini bukan perubahan langsung. Anda akan mengakar untuk upaya karier pahlawan wanita. Peran Lee Sung Kyung dan Yoon Kyun Sang membuat Love Square semakin rumit karena ambisi dan ketertarikan mereka kepada pemimpin tim.

Doctor John (2019)

Doctor John
Doctor John

Genre: Mystery, Romance, Drama, Medical

Pemain: Ji Sung, Lee Se Young, Lee Kyu Hyung

Sinopsis Doctor John

Doctor John adalah drama korea tentang medis yang menceritakan seorang dokter spesialis saraf. Doctor John mengisahkan investigasi seorang dokter pada pencarian masalah dan penyebab penyakit saraf yang misterius dengan penggambaran yang mengasyikkan, bahakan bisa dibilang ceritanya mirip detektif yang sedang memburu pelaku kejahatan yang belum terpecahkan.

Descendants of the Sun (2016)

Descendants of the Sun
Descendants of the Sun

Genre: Action, Military, Comedy, Romance, Medical, Melodrama

Pemain: Song Joong Ki, Song Hye Kyo, Jin Goo, Kim Ji Won

Sinopsis Descendants of the Sun

Drama tentang militer dan dokter yang satu ini memiliki kombinasi pasangan yang sangat menggemaskan, banyak sekali plot yang dibawa ke dalam drama. Antara lain seorang wanita sebagai dokter medis, latihan pasukan yang memberikan pemandangan oppa tanpa baju, adanya mata-mata Korea Utara, second lead couple yang juga epik, dan plot yang sangat menarik. 

DOTS dibintangi oleh Song Joong Ki dan Song Hye Kyo memiliki chemistry pasangan yang spesial, sehingga Anda bahkan tidak sempat untuk melewatkan satu episode pun dalam drama yang satu ini.

Blood (2015)

Blood (2015)
Blood

Genre: Action, Vampire, Romance, Drama, Medical, Supernatural

Pemain: Ahn Jae Hyun, Gu Hye Seon, Ji Jin Hee

Sinopsis Blood

Park Ji Sang adalah seorang ahli bedah spesialis organ dalam di rumah sakit penelitian kanker terbaik di negara itu. Dia merupakan seorang vampir. Meskipun Jisang tampak dingin dan tanpa belas kasihan, dia menyembunyikan kelembutan hati dan rasa sakit di dalam dirinya, dia sangat ingin mempertahankan hubungan yang dekat dengan orang lain. Dia sangat percaya pada kesucian hidup dan menekan rasa haus darah untuk merawat pasien yang sakit parah dan menyelamatkan nyawa.

Cross (2018)

Cross (2018)
Cross

Genre: Suspense, Thriller, Mystery, Crime, Medical

Pemain: Go Kyung Pyo, Jo Jae Hyun, Jeon So Min

Sinopsis Cross

13 tahun yang lalu, ayah Kang In-Kyu dibunuh secara keji oleh sekelompok orang. Untuk menemukan orang tersebut dan membalas dendam kepada mereka, dia rela menjadi seorang dokter. Kang In-Kyu bahkan menjadi sukarelawan di rumah sakit penjara tempat para narapidana ditahan.

Doctor Prisoner (2019)

Doctor Prisoner (2019)
Doctor Prisoner (2019)

Genre: Suspense, Thriller, Mystery, Crime, Medical

Pemain: Go Kyung Pyo, Jo Jae Hyun, Jeon So Min

Sinopsis Doctor Prisoner

Doctor Prisoner menceritakan tentang seorang dokter handal di pusat gawat darurat Rumah Sakit Universitas. Dokter adalah seorang profesional terampil yang akan melakukan yang terbaik untuk merawat pasiennya tanpa diskriminasi. Namun, izin medisnya ditangguhkan karena diduga melakukan tindak malpraktek medis yang disebabkan oleh kerusuhan yang disebabkan oleh direktur dewan rumah sakit.

Dia kemudian memperoleh sertifikat sebagai dokter medis dan melamar untuk bekerja di rumah tahanan. Rencananya adalah untuk menenangkan semua nama besar di sana, selebriti yang ditangkap karena penggunaan narkoba, bintang olahraga yang bersalah dan memenangkan liga. Tujuan utamanya adalah membalas dendam kepada rumah sakit yang menelantarkannya.

Hospital Playlist 2 (2021)

Hospital Playlist 2 Poster

Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Drama, Medical

Pemain:  Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do

Sinopsis Hospital Playlist 2

Di musim kedua, kisah lima teman dan dokter terus berlanjut. Bersama-sama, mereka menavigasi pasang surut sehari-hari menjadi dokter. Mereka mengalami kesulitan, cinta baru, kerugian, dan patah hati baik di dalam rumah sakit maupun dalam kehidupan pribadi mereka.

Ghost Doctor (2022)

Ghost Doctor (2022)

Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Drama, Medical

Pemain:  Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do

Sinopsis Ghost Doctor (2022)

Cha Young Min adalah seorang dokter jenius, dengan keterampilan yang unggul dalam operasi, tetapi dia sombong dan egois.

Suatu hari, ia terlibat dalam kecelakaan dan karena ini, rohnya kini bisa memasuki tubuh dokter lain, Seung Tak. Kedua dokter ini benar-benar berlawanan, dengan kepribadian dan kemampuan medis yang juga berlawanan.

Young Min muda sombong dan berdarah dingin, hanya peduli dengan karirnya dan tidak peduli dengan kisah pribadi pasiennya. Seung Tak adalah dokter residen paling beruntung dan memiliki latar belakang orang berada yang mana kakeknya adalah pendiri rumah sakit Myung-shin dan yang ibunya adalah ketua rumah sakit.

Itulah drama korea tentang kedokteran yang bisa kami sajikan, semoga informasi ini membantu Anda dalam mencari drama tentang kisah dokter yang memiliki plot cerita terbaik. Kamu dapat menontonnya melalui situs nonton drakor legal dengan dilengkapi subtitle Indonesia.