Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bahasa Korea yang Sering Diucapkan dalam Drama

Bahasa Korea dalam Drakor

Pernah nggak sih kamu kepikiran buat belajar bahasa Korea untuk bisa menonton drama korea tanpa harus melihat subtitle? Jika pernah, maka kamu sama dengan mimin, pasti rasanya pengen banget mengerti percakapan 'mereka' akan tetapi kita masih terhalang kosa kata yang sangat minim.

Tidak berhenti disitu, agar kita bisa belajar mengerti percakapan yang ada dalam sebuah drama, mimin ada ide dan inisiatif sendiri, yaitu merangkum contoh kosa kata dan membuat daftar lalu mencatatnya, yang mana kosa kata tersebut berasal dari ungkapan yang sering diucapkan dan muncul di dalam drakor.

Dengan mengetahui dan memahami kosa kata yang sering muncul dalam drama korea, kita perlahan akan mengerti dan paham, tentu dilakukan pelan-pelan tidak perlu terburu-buru karena ingat, semua itu butuh proses. Apalagi dalam urusan belajar bahasa asing, tentu perlu kesabaran dan keuletan dalam kita mempelajarinya.

Tanpa berlama-lama, disini maksud mimin membuat artikel ini adalah untuk membantu teman-teman yang ingin belajar bahasa Korea namun terkendala, bingung mau dimulai darimana. Nah, mimin sudah buatkan daftar kosa kata, yaitu contoh percakapan yang sering digunakan didalam drama korea. Silahkan disimak!

Daftar Kosa Kata dalam Drama Korea

1. 너 미쳤어? (neo michyeosseo) yang berarti "Apa kamu gila?" atau ungkapan gaulnya "Gila lu!". Biasanya orang sering menggunakan ungkapan tersebut kepada seseorang yang sudah ia kenal dan dekat.

2. 혹시 (hoksi) yang berarti  "Mungkin.." atau bisa bermakna "Apa mungkin?" sebagai kalimat tanya karena merasa ragu akan sesuatu.

3. 이렇게? (ireoke) artinya "Seperti ini" atau ungkapan gaulnya "Kayak gini nih".

4. 잠깐만 (jamkkanman) artinya "Tunggu sebentar" atau ungkapan gaulnya "Bentar ya!".

5. 뭘 봐요 (mwol bwayo) artinya "Apa yang kamu lihat?" atau dalam bahasa gaul "Liatin apa?".

6. 무슨 소리야 이게? (museun soriya ige) atau kadang juga 무슨 말이야 (Museun mariya) artinya "Apa yang kamu maksud?" atau bisa bermakna "Lu ngomong apaan sih!".

7. 어떻게? (eotteoke) artinya "Bagaimana ini?", ungkapan ini biasanya untuk menyatakan rasa panik atau kebingungan dan meminta solusi kepada seseorang.

8. 하지마 (hajima) artinya "Jangan lakukan itu". 

9. 하지말라고 (hajimallago) artinya "Sudah kubilang, jangan lakukan itu", dilakukan ketika seseorang bertindak sesuka hati atau ngeyel kalo lagi dinasehatin.

10. 그래? (geurae) artinya "Benarkah?".

11. 진짜? (jinjja) artinya sama dengan geurae yaitu "Benarkah?".

12. 정말? (jeongmal) artinya sama dengan geurae dan jinjja, yaitu "Benarkah?".

13. 안돼 (andwae) berarti "TidakTidak boleh".

14. 사과하세요! (sagwahase-yo) atau 사과해! (sagwahae) memiliki arti "Ayo minta maaf!", digunakan ketika menyuruh seseorang untuk meminta maaf.

15. 뻥치지마 (ppeongchijima) artinya "Jangan berbohong".

16. 오해 하지마 (ohae hajima) artinya "Jangan salah paham".

17. 그럼요 (geureomyo) artinya "Tentu saja".

18. 어쩔 건데 (eojjeol geonde) artinya "Apa yang akan kamu lakukan?".

19. 아싸! (assa) artinya "Sip! / Mantap!".

20. 왜? (wae) artinya "Kenapa?"

21. 예쁘다 (yeppeuda) artinya "Cantik Sekali!".

Itulah beberapa kosa kata yang sering digunakan dalam percakapan drama korea, segitu dulu, nanti kalo ada lagi akan segera mimin update artikel ini. Oh iya, jika kamu ada tambahan kosa-kata yang belum tertulis diatas, boleh ditambahkan di kolom komentar ya! Selamat belajar!

Posting Komentar untuk "Contoh Bahasa Korea yang Sering Diucapkan dalam Drama"