Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lee Seung-gi Dikabarkan Tak Mendapat Bayaran dari Pembuatan 137 Lagu Selama 18 Tahun

Kasus Lee Seung-gi dan Hook Entertaintment - Dispatch

Baru-baru ini tercuat fakta yang sangat mencengangkan bagi publik penikmat entertain Korea Selatan, seorang penyanyi sekaligus Aktor, Lee Seung-gi, dikabarkan tak mendapat upah atas 'royalti musik' sepeser pun dari kerja kerasnya dalam pembuatan lagu selama ia berkarir.

Dilaporkan oleh Dispatch (dispatch.co.kr), Lee Seung-gi telah memulai karirnya sebagai penyanyi sejak 18 tahun yang lalu. Ia memulai debut album pertamanya yang berjudul 'The Dream of a moth' pada tahun 2004. 

Nama Lee Seung-gi mulai dikenal luas setelah merilis lagu berjudul 'Because You're My Woman', yang kemudian disusul dengan lagu yang kala itu sempat booming, yaitu berjudul 'Delete'. Dia kemudian mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dari beberapa acara TV, diantaranya adalah Seoul Music Awards dan SBS Gayo Daejeon.

Pada tiga tahun pertamanya, penjualan album Lee Seung-gi bahkan menembus 100 ribu kopi.

Kontrak Bermasalah dengan Hook Entertainment

Sebut saja Hook Entertainment, adalah agensi yang saat ini menaungi Lee Seung-gi. Menurut Dispatch, Hook mulai menyodorkan kontrak 'budak' ke Lee Seung-gi setelah namanya mulai melejit. Ada kurang lebih 137 lagu yang berhasil dirilis dalam kurun 18 tahun ini.

Dispatch telah memperoleh rincian 'royalti musik' dari Lee Seung-gi. Faktanya, ini tidak bisa disebut sebagai royalti. Karena, uang yang diterima Lee Seung-gi untuk kegiatan musiknya adalah '0' won.

Laporan Royalti Lee Seung-gi untuk Hook Entertainment - Dispatch
Rincian Pendapatan Royalti Musik (Photo by Dispatch)

Sejak Oktober 2009 sampai September 2022, total pendapatan yang seharusnya diterima oleh Lee Seung-gi adalah sekitar 9,6 miliar won atau sekitar 111 miliar rupiah (yang tercatat di rekening Hook Entertainment).

Terjemahan chat Lee Seung-gi
Lee Seung-gi menjelaskan tentang kontraknya

Inti dari permasalahan yang terjadi antara Lee Seung-gi dan Hook adalah terkait ratio penerimaan pendapatan, ini yang menjadi syarat dan tanda tangan ketentuan kontrak.

Dispatch melaporkan bahwa royalti Lee Seung-gi pada tahun 2004 hingga 2009 tak bisa diidentifikasi, karena catatan keuangan tersebut diduga dihilangkan.

Bulan lalu, kantor Hook Entertainment pun sebenarnya sempat digeledah karena adanya laporan mengenai penggelapan 5 miliar won yang dilakukan oleh petinggi Hook.

Lee Seung-gi pernah kena gaslighting oleh Agensinya sendiri.

Tindakan gaslighting / merendahkan (mengatakan omong kosong, dan semacamnya) pernah dilakukan oleh agensi Hook kepada Lee Seung-gi. Agensi tersebut pernah mengatakan tidak ada fans yang akan membeli albumnya. Sangat jahat bukan?

Gas lighting Lee Seung-gi oleh Hook Entertainment
Pengakuan Lee Seung-gi terkait gas lighting oleh agensinya

Sangat disayangkan, agensi sebesar Hook harus melakukan tindakan yang sesembrono itu kepada artis naungannya sendiri. Diketahui beberapa artis top yang berada dibawah naungan Hook Entertainment antara lain Youn Yuh Jung, Lee Seo Jin, Park Min Young, dan Lee Sun Hee.

Kita do'akan semoga masalah Lee Seung-gi dan Hook Entertainment segera berakhir dengan jalan keluar terbaik. Sekian artikel ini dibuat, semoga bisa bermanfaat buat kalian ya!

Posting Komentar untuk "Lee Seung-gi Dikabarkan Tak Mendapat Bayaran dari Pembuatan 137 Lagu Selama 18 Tahun"